Semarak Milad Ke 20 Tahun, Radio Swara Lima Luhak Ke-20  Menggelar Berbagai Kegiatan Lomba

Senin, 10 Juli 2023 - 12:49:50 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memperingati Milad Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rohul  Ke-20 dengan mengusung tema "Revitalisasi Peran Dan Fungsi Radio Swara Lima Luhak Sebagai Media Informasi Dan Komunikasi Publik Di Kabupaten Rohul".

Untuk menyemarakkan Milad ke-20 ini, Swara Lima Luhak menggelar beberapa perlombaan sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan bakat di berbagai bidang seperti, lomba siaran Radio, lomba Stand Up Comedy dan lomba Karaoke yang dilaksanakan pada Sabtu (08/07/2023) siang.

Acara Milad ini di pusatkan di Lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul dan acara puncak Peringatan Milad yang ke-20 ini di tandai 
dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Rohul yang di wakili oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si yang di dampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Fatanalia Putra, S.Sos.

Selanjutnya di berikan kepada Kadis Kominfo Rohul  H. Syofwan, S.Sos yang di dampingi Sekretaris Diskominfo Zulfikri, S.Sos,.M.Si, Kabid IKP Rudy Fadrial, S.Sos,.M.Si, Kabid E-government Muhammad Yudi Arfian, S.P,.M.Si, Kabid Persandian Makmur Pasaribu, S.Ag,.M.Si.

Pada malam puncaknya, di adakan hiburan untuk masyarakat Rohul dengan menghadirkan artis-artis kebanggaan Rohul seperti Zahra LIDA, Rudy Rambah, Anrizal Seroumbou dan BAND Rohul yang tergabung dalam Komunitas Musisi Pasir Pengaraian (KOMPAS).

Bupati Rohul melalui Asisten II Drs. H. Ibnu Ulya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir yang telah menjadi bagian penting dalam perjalanan panjang radio dan menjadi saksi, 20 tahun Eksistensi Radio Swara Lima Luhak telah mengudara di Daerah Rohul.

"Tanpa terasa sudah 20 tahun Radio Swara Lima Luhak berdiri, ini semua berkat dukungan dan dedikasi kita semua, dan 
pencapaian yang di raih pada hari ini tidak akan mungkin terwujud tanpa ada dukungan dari masyarakat," katanya.

Lanjutnya, atas capaian ini atas nama Pemkab Rohul kami mengucapkan terimakasih kepada pendiri Radio Swara Lima Luhak ini, para penyiar, kru produksi, dan staf lainnya yang telah bekerja keras untuk menjadikan radio kita sebagai suara yang terdengar di seluruh wilayah Kabupaten Rohul," ujarnya.

Dalam perayaan ulang tahun yang ke-20 ini memberikan kesempatan bagi semua untuk merenung, mengingat pencapaian luar biasa yang telah raih. Radio Swara Lima Luhak ini telah menjadi medium yang menghubungkan komunitas, memberikan informasi dan berita yang relevan, hiburan yang menginspirasi, dan suara bagi mereka yang kurang terdengar. dan telah berhasil menciptakan program-program yang mengedukasi, menghibur, dan memberdayakan pendengar.

"Ini adalah bukti nyata bahwa radio kita memainkan peran penting dalam menggugah semangat dan membawa perubahan positif dalam kehidupan banyak orang," tambahnya.

H. Ibnu Ulya yang juga pernah menjabat sebagai Kadia Disdikpora Rohul ini berharap dalam 20 tahun mendatang, Radio Swara Lima Luhak ini terus berkembang dan berinovasi dan harus terus mengeksplorasi teknologi baru dan memanfaatkannya untuk mencapai audiens yang lebih luas dan menghadirkan konten yang lebih menarik dan bermanfaat dan berkolaborasi dengan berbagi ide-ide baru yang dapat memperkaya program-program radio ini kedepannya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan terima kasih atas kontribusi semua pihak dalam menjadikan radio sebagai kekuatan yang memberdayakan dan menyatukan kita semua dalam bingkai negeri Seribu Suluk dan semoga di usia ke dua dekade radio ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi pendengarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Rohul H. Syofwan, S,.Sos menyebutkan, Diskominfo Rohul akan terus melakukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan informasi publik dengan menyesuaikan perkembangan zaman.

" Salah satunya dengan melakukan Revitalisasi peran dan Fungsi Radio Swara Lima Luhak, sekarang ini siaran radio tidak hanya dapat di akses melalui frekuensi radio namun juga dapat di akses melalui Gadget," sebutnya.

Beliau juga mengatakan untuk ke depannya Radio Swara lima Luhak dan Rohul TV dapat terus berinovasi menjadi media penyebar informasi, penyerap dan penyaring aspirasi bagi masyarakat serta menjadi mitra bagi pengusaha di Rohul dan semakin dekat dengan masyarakat.

Penamaan Radio Swara Lima Luhak merujuk pada 5 (lima) Luhak Kerajaan yang ada di Rohul sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Rohul Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal.

Pada tahun 2016, Radio Swara Lima Luhak mendapatkan Izin Menkominfo lewat Keputusan Menteri Nomor 715 Tahun 2016 tentang Izin Prinsip Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik Lokal Jasa Penyiaran Radio Swara Lima Luhak dengan Frekuensi FM 104. 4 MHz.

Selama 20 tahun sejak berdiri pada 01 Juni 2003, Radio Swara Lima Luhak telah mempertahankan Eksistensi di tengah era digitalisasi. Radio dengan nama awal Radio Pemerintah Daerah (RPD), kemudian Radio Pelangi Darussalam itu telah menjadi media Informasi dan Komunikasi di Rohul, wadah kreatifitas generasi muda, jembatan aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan hiburan bagi seluruh masyarakat Rohul.****

Laporan : E.S.Nst

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex